01
Pada tanggal 6 Januari 2016 Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohamad Nasir PhD.Ak dan Dewan Riset Nasional yang diketuai Dr. Ir Bambang Setiadi MS mengunjungi Stem Cell and Cancer Institute sekaligus mengadakan diskusi bersama Dr. Boenjamin Setiawan selaku pendiri Kalbe beserta para Peneliti SCI tentang perkembangan penelitian sel punca dan kanker. Pada kesempatan yang sama, Menristekdikti Mohamad Nasir juga mengunjungi fasilitas laboratorium milik SCI di Jakarta.

Dalam sambutannya dr.Boenjamin Setiawan,Ph.D pendiri Kalbe sekaligus pendiri SCI menegaskan pentingnya dukungan Pemerintah  misalnya  dengan menaikkan anggaran penelitian atau memberikan Double Tax Deduction bagi industri yang melakukan kegiatan penelitian.  Sedangkan CEO Kalbe Group Ibu Irawati Setiady dalam sambutannya  menegaskan tentang  komitmen Kalbe dalam pengembangan inovasi dan penelitian di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur SCI, Sandy Qlintang menyatakan bahwa SCI terus melakukan penelitian translational sel punca dan kanker yang bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Sejak berdirinya di tahun 2006, SCI aktif terlibat dalam riset matrik tali pusat sebagai sumber baru sel punca mesenkimal, di mana hasil penelitiannya akan menjadi dasar upaya selanjutnya untuk melihat aspek-aspek klinis bagi terapi penyakit kardiovaskuler atau penyakit degeneratif lainnya. Di bidang penelitian kanker, SCI lebih memfokuskan pada studi kanker paru dan payudara.

Di tahun 2009, SCI membentuk Kalbe Genomics (KalGen), laboratorium diagnostik molekuler canggih yang pertama di Indonesia, untuk memberikan layanan pemeriksaan genetik sel kanker pasien untuk menentukan jenis obat yang tepat sasaran. Regenerative and Cellular Therapy (ReGeniC) didirikan pada tahun 2010 untuk memberikan layanan pemrosesan sel punca dalam klinik untuk kebutuhan terapi berbagai penyakit. ReGeniC sedang memfokuskan pada terapi untuk penyakit osteoarthritis, jenis penyakit akibat kerusakan atau hilangnya tulang rawan pada sendi sebagai bantalan antar tulang, terutama pada lutut.

Di tahun 2013, Laboratorium SCI mendapatkan ijin operasional dari Kementerian Kesehatan Indonesia bagi fasilitas laboratorium pengembangan sel punca ReGeniC yang menjadi laboratorium pertama di Indonesia yang menerima ijin pengembangan sel punca untuk pengobatan keluhan osteoarthritis dan myocardial infract.  Di tahun 2014, SCI juga mendapat sertifikat GMP untuk produksi Allogenic Stem Cell dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Only registered users may post comments.

News & Events

SCAN

Events

SCI - Events

Stem Cell News

Cell Therapy News

Cancer News

Internship Program